BERITA

10 Aug
Awesome Image

Tausyiyah Prof. Dr. H. Asasriwarni, MH

Pahala dari Amalan Seseorang yang Memakmurkan Masjid


 Pahala dari Amalan Seseorang yang Memakmurkan MasjidPerbesar

Oleh : Prof. Dr. H. Asasriwarni, MH (Guru Besar Universita Islam Negeri Imam Bonjol Padang / Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar dan Anggota Dewan Pertimbangan MUI Pusat)

Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat Islam. maka dari itu sudah sepantasnya lah, kaum muslim untuk memiliki amalan memakmurkan keberadaan masjid. Hal tersebut guna mendapat pahala dari Allah SWT yang sangat besar.

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa dengan memakmurkan Masjid, maka Allah akan membangunkan baginya rumah di Surga.

Sebagai mana hadits Dari ‘Utsman bin ‘Affan radhiallahu’anhu beliau berkata: Sungguh aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda

???? ????? ????????? ??????? ???????? – ????? ????????: ???????? ??????? ?????: ?????????? ???? ?????? ??????? – ????? ??????? ???? ???????

“Barangsiapa yang membangun masjid karena Allah Ta’ala (mengharapkan wajah-Nya) maka Allah akan membangunkan baginya rumah (istana) di Surga”.

Hadits tersebut mengungkapkan betapa besarnya keutamaan dan ganjaran pahala bagi mereka yang membangun masjid di dunia dengan niat ikhlas. Namun, dalam membangun masjid harus diiringi dengan niat untuk mengharapkan keridhoan dari Allah SWT, bukan untuk dipuji oleh orang lain.

Sebagaimana dari firman Allah Ta’ala yaitu tentang keutamaan besar bagi orang-orang yang memakmurkan masjid-masjid Allah, berikut firman-Nya dalam Qur’an surah At Taubah 18:

???????? ???????? ???????? ??????? ???? ?????? ????????? ??????????? ????????? ????????? ?????????? ??????? ?????????? ?????? ?????? ?????? ??????? ????????? ??????????? ???? ???????????? ???? ???????????????

Sesungguhnya yang (pantas) memakmurkan masjid-masjid Allah hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, mendirikan salat, menunaikan zakat, serta tidak takut (kepada siapa pun) selain Allah. Mereka itulah yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

Imam Ibnul Jauzi mengatakan bahwa yang dimaksud dengan memakmurkan masjid (dalam ayat ini) terdapat dua pendapat, yaitu sebagai berikut :

– Pendapat pertama, yaitu seseorang yang selalu mendatangi masjid dan berdiam diri di dalamnya untuk senantiasa beribadah kepada Allah Ta’ala.

Sedangkan pendapat yang kedua, yaitu seseorang yang membangun masjid dan senantiasa memperbaiki dan menjaga kondisi fisiknya. Yaitu mengurus Masjid, berarti mengurus rumah Allah SWT.

Dengan dasar itu barangkali Raja Arab Saudi yang bernama Raja Fahd Ayahanda Raja Sulaiman, kalau di panggil Ya Malik (Raja) beliau biasa saja merespon tetapi kalau di panggil Ya Khadamul Haramain (yang mengurus Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) respon beliau sangat bergembira dan sangat senang hati menerima panggilan tersebut.

Keistimewaan Ahli Masjid – Kabar Gembira Untuk Pecinta Masjid

Ahli masjid atau ahlu masjid, sebuah istilah yang mungkin belum terlalu familiar di telinga orang Indonesia. Ya, kata ini merupakan kata serapan. Masjid di dalam Islam memiliki kedudukan yang sangat agung dan mulia. Dia adalah tempat terbaik di muka bumi. Ia adalah bagian bumi ini yang paling Allah Ta’ala cintai. Ini karena masjid adalah rumah ketaatan dan dasar pendiriannya adalah ketakwaan.

Di dalamnya banyak disebut nama Allah yang mulia. Berbagai amalan mulia dan bermanfaat banyak dikaji di dalamnya. Sedangkan hal-hal yang kotor, dosa dan hina sangat dijauhkan darinya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bila kaum Muslimin yang berhati sehat, berfitrah suci dan beriman kuat akan senantiasa mencintainya dan mengagungkannya. Di antara bentuk kecintaan seorang Muslim kepada masjid adalah dengan senantiasa melazimi shalat berjamaah di dalamnya.

Berikut ini adalah sejumlah hadits dan atsar yang menerangkan tentang keutamaan menjadi ahli masjid. Menjadi ahli masjid dalam arti melazimi shalat berjamaah di masjid. Mampu melakukan ibadah yang mulia tersebut dengan penuh keikhlasan, kesabaran dan adab di masjid hingga akhir hayat merupakan rahmat Allah yang sangat besar, keutamaan yang agung dan barokah luas.

Menjadi ahli masjid merupakan tanda kebaikan iman seorang Muslim

Allah Ta’ala berfirman:

???????? ???????? ???????? ??????? ???? ?????? ????????? ??????????? ????????? ????????? ?????????? ??????? ?????????? ?????? ?????? ?????? ??????? ????????? ??????????? ???? ???????????? ???? ???????????????

Sesungguhnya yang (pantas) memakmurkan masjid-masjid Allah hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, mendirikan salat, menunaikan zakat, serta tidak takut (kepada siapa pun) selain Allah. Mereka itulah yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

Imam al-Qurthubi berkata: “Firman Allah Ta’ala ini merupakan dalil yang menunjukkan bahwa mempersaksikan orang-orang yang memakmurkan masjid dengan keimanan adalah (persaksian yang) benar, karena Allah Ta’ala mengaitkan keimanan dengan perbuatan (terpuji) ini dan mengabarkan tentangganya dengan menetapi perbuatan ini.

Salah seorang ulama Salaf berkata: Jika engkau melihat seorang hamba (yang selalu) memakmurkan masjid maka berbaiksangkalah kepadanya” [Tafsir al-Qurthubi: (8/83).

Ahli masjid akan mendapatkan khusnul khatimah

Melazimi shalat di masjid dan menjadi ahli masjid, serta meninggal dalam keadaan tersebut, maka akan mendapatkan husnul khatimah. Sebab, dirinya senantiasa berada dalam sunnah rasul.

Imam Muslim (654) dalam shahihnya meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:

???? ??????? ???? ??????? ??????? ????? ????????? ????????????? ????? ????????? ???????????? ?????? ???????? ??????? ? ??????? ??????? ?????? ????????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ?????? ???????? ? ???????????? ???? ?????? ???????? ? ?????? ????????? ??????????? ??? ??????????? ????? ???????? ????? ?????????????? ??? ???????? ???????????? ??????? ??????????? ? ?????? ?????????? ??????? ??????????? ????????????

“Barangsiapa yang ingin bertemu Allah kelak sebagai seorang Muslim, maka hendaklah ia memelihara shalat-shalat yang diserukan itu, karena sesungguhnya Allah telah menetapkan untuk Nabi kalian Shallallahu ‘alaihi wa sallam sunah-sunah petunjuk, dan sesungguhnya shalat-shalat tersebut termasuk sunah-sunah petunjuk.

Jika kalian shalat di rumah kalian seperti shalatnya penyimpang ini di rumahnya, berarti kalian telah meninggalkan sunnah Nabi kalian, niscaya kalian tersesat.”[1]

Ahli masjid akan mendapatkan naungan pada hari kiamat saat tidak ada naungan selain naungan-Nya

Dalam hadist yang shahih disebutkan:

??? ??? ?????? ??? ???? ??? ?? ??????? ??? ???? ???? ???? ???: ((???????? ??????????? ???? ?? ??????? ???? ?? ????? ???? ???????: ?????? ??????? ?????? ?????? ?? ?????? ???? ?????? ??????? ??????? ????????? ????????? ????????? ????????? ?? ????: ?????????? ???? ??????????? ????? ????? ??????? ?????? ???? ???????? ????????? ????: ???? ????? ????? ????? ?????? ?????????? ??????????? ????? ?? ???????? ???????? ?? ???????? ????????? ????? ?????? ???? ??????? ????????? ?????????))? ?????? ????.

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari di mana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya:

  1. Imam yang adil,
  2. Seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh,
  3. Seorang (pria) yang hatinya bergantung ke masjid,
  4. Dua orang yang saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya,
  5. Seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Aku benar-benar takut kepada Allâh.’
  6. Seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya
  7. Seseorang yang berdzikir kepada Allâh dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.” (HR. Bukhari, no. 1423 dan Muslim, no. 1031)

Imam An Nawawi menjelaskan maksud dari “lelaki yang hatinya tergantung ke masjid”:

??? ?????? ?? ????: ????? ???? ???? ???? ????????? ??????? ????? ???? ????? ???? ?????? ?? ??????

“Maknanya adalah sangat kuat kecintaannya kepada masjid dan senantiasa melakukan shalat berjamaah di masjid. Maksudnya bukanlah orang yang terus menerus duduk di dalam masjid.” [Syarh An Nawawi ‘ala Shahih Muslim: 7/126]

Ahli masjid akan dihapus dosanya dan diangkat derajatnya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

???? ????????? ??? ???????? ????? ????? ????? ?????? ???? ??????? ??????? ?????????? ????????? ???? ????????? ??????? ??????? ??????????? ???????????? ??????? ????????? ??????????? ???????? ????????

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, no. 666).

Dalam hadits lain disebutkan, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

???? ??????????? ????? ??? ??????? ??????? ???? ??????????? ?????????? ???? ???????????? ? ??????? : ????? ??? ??????? ??????? , ????? : ????????? ?????????? ????? ???????????? , ?????????? ???????? ????? ???????????? , ???????????? ????????? ?????? ????????? , ?????????? ?????????? , ?????????? ?????????? ) ???? ????

Apakah kalian mau aku tunjukkan dengan apa yang allah hapuskan dosa baginya dan Allah tinggikan derajatnya?” Para sahabat menjawab,” Tentu wahai Rasullullah.” Kemudian beliau bersabda,” Menyempurnakan wudhu di saat saat yang dibenci, memperbanyak langkah ke masjid, dan menunggu shalat sampai shalat berikutnya. Itulah ar-ribath, maka itulah ar-ribath.” (HR. Muslim, 251].

Semakin jauh rumah seseorang dari masjid maka pahalanya akan semakin besar. Ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Musa radhiyallahu anhu berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

????? ???????? ???????? ??????? ??? ????????? ???????????? ????????? ??????? ?????????????? ???? ????)

Sesungguhnya pahala orang yang terbesar dalam hal shalat adalah mereka yang paling jauh jarak jalan kakinya kemudian yang berikutnya.” (HR. Muslim, 662)

Karena semangat hadits inilah, ada seorang shahabat nabi yang memilih rumah jauh dari masjid. Meski rumahnya jauh dari masjid, tetapi tidak pernah tertinggal untuk shalat berjama’ah di masjid karena hatinya terpaut dengan masjid.

Ahli masjid akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat

Ini sebagaimana dalam hadits dari Buraidah al Aslami radhiyallahu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam, dia bersabda:

??????? ?????????????? ??? ????????? ????? ???????????? ?????????? ????????? ?????? ???????????? )???? ??? ???? ????? ???????? ?? ???? ??? ???? . (

Dari Buraidah al-aslamy radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda : “Berilah kabar gembira kepada para pejalan kaki ke masjid di gelap gulitanya malam dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih Abu Daud, hadits 561].

Menurut Syaikh Al Allamah Muhammad bin Abdullah As Subail rahimahullah yang dimaksud dengan gelap gulitanya malam adalah sholat isya’ dan shalat shubuh.[2]Allah menerangkan cahaya orang mukmin pada hari kiamat dengan firman-Nya:

?????? ????? ?????????????? ???????????????? ??????? ????????? ?????? ??????????? ????????????????? ??????????? ????????? ???????? ??????? ???? ????????? ???????????? ?????????? ?????? ?????? ???? ????????? ?????????? ) [??????:12]

Artinya:

“(yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar”. [Al Hadid: 12]

Ahli Masjid akan mendapat jaminan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Ini sebagaimana hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang dikeluarkan oleh Al Humaidi di dalam musnadnya (1090), Al Fakihy di dalam Akhbarul Makkah (926) dan Abu Nuaim dalam Hilyatul Auliya’ (9/251) dan dishahihkan oleh Al Albany dalam Shahihul Jami’ hal. 3051.

????????? ??? ??????? ???? ? ????? ??????? ? ?????? ?????? ???? ???????? ????? ???????? ???? ????????? ???? ? ????? ??????? ? ???????? ?????? ???????? ??? ??????? ???? ???????? ?????? ???????

Ada 3 orang yang berada dalam jaminan Allah Azza Wa Jalla: seorang yang keluar dari rumahnya menuju salah satu masjid Allah Azza Wa Jalla, seorang yang keluar berperang di jalan Allah, dan seorang yang keluar untuk berhaji.”

Di dalam Al Mausuah Al Haditsiyah disebutkan penjelasan hadits tersebut demikian:

“Siapa yang dijamin dengan penjagaan-Nya dan perlindungan-Nya maka dialah orang beruntung yang sesungguhnya. Berbahagialah orang yang Allah bersamanya.

Di dalam hadits ini Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan sebagian jenis orang yang Allah jamin dengan penjagaan dan perlindungan-Nya. Dia bersabda,”Ada 3 orang yang berada dalam jaminan Allah ‘Azza wa Jalla.” Maksudnya, ada 3 jenis manusia yang berada dalam penjagaan dan perlindungan Allah.

Ketiga jenis manusia tersebut yang pertama adalah: “Seorang yang keluar dari rumahnya menuju salah satu masjid Allah Azza Wa Jalla.” Keluarnya itu untuk shalat, atau I’tikaf atau untuk mengunjungi masjid. (*)

Comments

Tinggalkan komentar

Kontak Kami