BERITA

23 Jun
Awesome Image

Tausiyah Prof. Dr. H. Asasriwarni, MH

Kita tidak boleh takut mati, kita tidak boleh  mencari mati, dan kita tidak boleh  melupakan mati. Namun yang dianjurkan  adalah kita harus senantiasa  merindukan mati. Mengapa demikuan, karena mati adalah satu-satunya pintu untuk kita bisa berjumpa dengan Allah SWT. 

Mati bukanlah akhir dari perjalanan hidup kita,  namun   mati adalah awal dari perjalanan hidup kita. Untuk itu,  sambutlah kematian itu dengan penuh ketaqwaan kepada Allah SWT.  Untuk menyambut datangnya kematian dengan penuh ketaqwaan,  kita dianjurkan untuk selalu menjaga 7 sunnah Rasulullah SAW dan 3 permohonan kepada Allah SWT pada saat kita bersujud. 

*_A. Tujuh Sunnah Rasulullah SAW Yang Seharusnya Kita Jaga  Setiap Hari :_*

*1. Sunnah Yang Pertama :*

Shalatlah Tahajjud karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada shalat Tahajud-nya. Hal ini mengacu pada Sabda Rasulullah SAW di bawah  ini : 

 

?????????? ????????? ?????????? ????????? ?????? ?????????????? ??????????? ?????? ???????? ????? ?????????? ????????????? ??????????????? ????????? ???? ?????

*Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa* (HR. Tirmidzi, Hadist hasan)

*2. Sunnah Yang Kedua :*

Bacalah Al-Qur’an setiap ada kesempatan, karena Al Qur'an pada hari kiamat kelak akan datang memberi safaat kepada umat yang dahulu di dunia senantiasa membacanya.  Hal ini mengacu kepada Sabda Rasulullah SAW betikut ini  :

« ????????? ?????????? ????????? ??????? ?????? ???????????? ???????? ??????????? »

*Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya* (HR. Muslim No. 804)

*3. Sunnah Yang Ketiga :*

Jangan tinggalkan masjid terutama di waktu subuh. Sebelum melangkah kaki kemana pun, langkahkan dulu kaki kita  ke masjid. Karena masjid merupakan pusat keberkahan, bukan karena panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang memanggil orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.

 

Hal tersebut mengacu kepada Firman Allah SWT berikut ini :  

 

?????? ?????????? ????????? ????????? ????? ?????? ????????? ?????????? ????????? ????? ???????? ????????? ????? ?????????

*Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh itu disaksikan (oleh malaikat)* (QS. Al-Isra' Ayat : 78)

*4. Sunnah Yang Keempat :*

Jaga Shalat Dhuha karena kunci rezeki terletak pada shalat Dhuha. Hal ini mengacu kepada Sabda Rasulullah SAW Berikut ini : 

 

????? ??????? ????? ??????? ??? ????? ????? ??? ???????? ???? ???????? ????????? ???? ??????? ?????????? ???????? ?????

*Allah Ta’ala berfirman : Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang* (HR. Ahmad, No. 286, Abu Daud No. 1289,  At Tirmidzi No. 475, Ad Darimi No. 1451.  Syaikh Al-Albani dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

*5. Sunnah Yang Kelima :*

Jagalah sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari.

Hal ini mengacu kepada Sabda Rasulullah berikut ini :

 

???? ???? ???????? – ?????? ????? ?????? – ? ????? : ????? ???????? ????? – ?????? ????? ???????? ????????? – : (( ????? ??????? ???? ???????? ???????? ??????? ? ????? ?????? ??????? ?????? ????????? : ??????? ????? ???????????? ???????? ? ?????????? ????????? ??? ??????????? ???????????? ????????? ? ???? ???????? ???? ????????? ????????? ??????? ? ??????????? ???????????? ??????? ? ???????? ???????? ?????????? ????? ?????????? ??????? ? ????????? ??????? ???? ??????????? ???????? )) . ??????? ???????????? ??????????.

*Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah* (HR. Bukhari No. 2989 dan Muslim No. 1009)

*6. Sunnah Yang Keenam :*

Jagalah wudhu karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu.

Khalifah Ali bin Abi Thalib berkata : “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu shalat walau ia sedang tidak shalat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, "ampuni dosanya dan sayangi dia ya Allah”.

Hal ini mengacu kepada Sabda Rasulullah SAW berikut ini : 

??? ??????? ???? ??????????? ????? ?????????? ??? ???????? ?????????? ????? ?????? ???????? ???????????? ???????? ???????? ???????????? ?????????? ?????????? ???????????? ????????

*Wahai Bilal, _kenapa engkau mendahuluiku masuk surga ?_ Aku tidaklah masuk surga sama sekali melainkan aku mendengar suara sendalmu di hadapanku. Aku memasuki surga di malam hari dan aku dengar suara sendalmu di hadapanku*

Bilal menjawab :

??? ??????? ??????? ??? ????????? ????? ?????? ????????? ???????????? ????? ?????????? ?????? ????? ?????? ??????????? ????????? ?????????? ????? ??????? ??????? ????????????

*Wahai Rasulullah, aku biasa tidak meninggalkan shalat dua raka’at sedikit pun. _Setiap kali aku berhadats, aku lantas berwudhu_ dan aku membebani diriku dengan shalat dua raka’at setelah itu*  (HR. Tirmidzi No. 3689 dan Ahmad No. 5: 354. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits tersebut hasan)

*7. Sunnah Yang Ketujuh :*

Amalkan istighfar setiap saat. Dengan beristighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah.    

Hal ini mengacu kepada Sabda Rasulullah Sbb : 

????????? ?????? ????????????? ??????? ????????? ???????? ??? ????????? ???????? ???? ????????? ???????

*Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali* (HR. Bukhari No. 6307).

Selanjutnya Rasulullah SAW juga betsabda sbb :

??????? ????????? ????? ??????? ???????? ????????????? ??????? ??? ????????? ??????? ???????

*Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak seratus kali*  (HR. Muslim No. 2702).

*_B. Tiga Doa Kepada Allah SWT Yang  Dipanjatkan Pada Saat Bersujud :_* 

Rasulullah SAW memberikan contoh doa yang dibacanya ketika sujud, yakni sebagai berikut :

?????????? ??????? ??? ??????? ??????? ??????? ????????? ??????????? ????????? ??????????????? ?????????

*Ya Allah ampnilah dosa-dosaku semua, baik yang halus atau yang jelas, yang awal dan yang akhir, dan yang terang-terangan dan yang tersembunyi*  (HR Muslim No. 1112)

Kemudian hadist tersebut dijelaskan oleh Syeikh Abdul Aziz Bin Baaz yang mengatakan bahwa terdapat tiga doa yang jangan dilupakan dalam akhir sujud. Ketiga doa tersebut adalah :

*1. Mintalah Diwafatkan Dalam Keadaan Khusnul Khotimah :*

??????????? ??????? ?????????? ?????? ????????????

Allahumma inni as'aluka husnal khotimah.

*Ya Allah aku meminta kepada-MU husnul khotimah*

*2. Mintalah Agar Kita Diberikan Kesempatan Bertaubat Sebelum Wafat :*

??????????? ??????????? ???????? ?????????? ?????? ?????????

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut. 

*Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat*

*3. Mintalah Agar Hati Kita Ditetapkan Di Atas AgamaNya :*

??????????? ???????????? ??????????? ??????? ???????? ????? ????????

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi 'ala diinika

*Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu*

Semoga kita senantiasa mendapatkan hidayah dari Allah SWT, sehingga kita selalu ikhlas menjalankan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya, aamiin YRA

 

Comments

Awesome Image

d-change.net

, Nov 17, 2023

Great article.

Awesome Image

D Change

, Nov 18, 2023

This information is invaluable. When can I find out more?

Awesome Image

d-Change.Net

, Nov 19, 2023

Howdy just wanted to give you a quick heads up. The text in your article seem to be running off the screen in Internet explorer. I'm not sure if this is a format issue or something to do with browser compatibility but I thought I'd post to let you know. The layout look great though! Hope you get the issue resolved soon. Cheers

Awesome Image

d-change.net

, Nov 19, 2023

Its like you read my mind! You seem to know so much about this, like you wrote the book in it or something. I think that you can do with some pics to drive the message home a bit, but instead of that, this is magnificent blog. An excellent read. I'll certainly be back.

Awesome Image

d-change.net

, Nov 19, 2023

I do not know if it's just me or if perhaps everybody else experiencing issues with your blog. It seems like some of the written text on your content are running off the screen. Can somebody else please provide feedback and let me know if this is happening to them as well? This could be a problem with my internet browser because I've had this happen before. Thanks

Tinggalkan komentar

Kontak Kami