BERITA

25 Sep
Awesome Image

TENAGA ADMINISTRASI FAKULTAS SYARI’AH DILATIH UNTUK SERVICE EXELLENT

Pegawai negeri sipil (PNS) adalah pelayan bagi masyarakat yang butuh layanan. Dan, untuk menjadi pelayan (service) dibutuhkan orang-orang yang ahli dibidangnya. Ketika suatu pekerjaaan atau tugas dikerjakan oleh bukan ahlinya, maka akan terjadilah kebinasaan atau kehancuran.  

Agaknya, hal sering ini terjadi di lingkungan pemerintahan dan badan usaha milik negara hingga lembaga swasta sekalipun, layanan prima tidak bisa terwujud di sebabkan oleh terbatasnaya sumber daya manusia yang handal dan profesional.

Menyikapi kondisi tersebut, sepertinya layanan prima (service exellent) itu belum terealisir secara maksimal bagi jajajaran Fakultas Syar’ah UIN Imam Bonjol Padang dalam melayani mahasiswa, khususnya dibidang tridharma perguruan tinggi, terutama di masa virus pandemi Covid-19 yang sudah terjadi sejak dua tahun belakangan. Karena umumnya layanan itu cenderung bersifat online (secara daring).

Agar kondisi layanan buruk itu tidak berlarut-larut yang dapat merugikan berbagai pihak, maka seluruh tenaga administrasi dan bagi dosen yang mendapat tugas tambahan diberikan lagi pelatihan sistem layanan prima. Hemat saya, sebut Wadek Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan Dr. Yusnita Eva, S.Ag, M.Hum, Jumat malam di Rocky Hotel Bukittinggi. Kita sudah mendapatkan dana operasional berupa tunjangan kinerja (tukin). Maka wujud dari tukin itu haruslah berimbas pada kinerja dan kualitas kerja yang bisa memuaskan semua mahasiswa dan anggota masyarakat lainnya.

Dikatakan Yusnita, sepertinya tidak sulit untuk mewujudkan layanan prima bagi tenaga administrasi kalau mau bekerja keras dan betul-betul ikhlas serta bekerja tuntas tanpa suka menunda-nunda tugasnya itu. Sebagai pimpinan yang bertanggung jawab untk layanan akademik ini, maka kita perlu memberikan pelatihan tersebut dengan melibatkan nara sumber yang profesional, seperti Media Eka Putra dari Balai Diklat Ke-agamaan Padang dan dari Universitas Negeri Padang yang juga ahli dibidang layanan,’’katanya.

Pada bagian lain Dekan Fakultas Syari’ah Dr. H.Ikhwan, SH, M.Ag, bersama Kabag Tata Usaha Salman Wajdi, SE, yang hadir dalam acara tersebut juga menjelaskan, pelatihan ini diharapkan bisa merubah cara berpikir dan cara kerja kita di fakultas. Perubahan ke arah yang lebih baik tidak sulit untuk diwujudkan asalkan bersumber dari keikhlasan, kerjasama dan kesungguhan dalam bekerja. Selain itu, yang paling utama adalah hubungan baik antara sesama dalam lingkungan Fakultas Syar’ah.

“Saya yakin dalam menjalankan roda layanan tridharma perguruan tinggi yang profesional bisa terwujud dan dapat memajukan Fakultas Syar’ah ke depan,’’sebut Ikhwan yang juga mantan Warek Bidang Kemahasiswa dan Kerjasama UIN Imam Bonjol Padang. (nal)

Tek foto:

SERVICE EXELLENT—Dekan Fakultas Syari’ah Dr. Ikhwan, SH, M.Ag terlibat dialog serius dengan nara sumber Service Exellent, Media Eka Putra di Rocky Hotel Bukittinggi, Jumat malam, (24/9). Afrinal aliman  

Comments

Tinggalkan komentar

Kontak Kami