BERITA

16 Sep
Awesome Image

Pisah Sambut Dekan Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang

Acara yang dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik & Kelembagaan Dr. Yasrul Huda, MA, serta Dekan Fakultas Adab & Humaniora Nelmawarni, Ph.D yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Dekan Kemahasiswaan & Kerjasama di Fakultas Syariah.

Dr. Sobhan dalam kesempatan acara pisah sambut menjelaskan, bahwa sejak diamanahi sebagai dekan sejak Januari 2019 hingga September 2021, secara umum meminta maaf kepada segenap civitas akademika fakultas. Karena, mungkin selama bertugas ada layanan akademik dan administrasi yang belum maksimal.

“Ini adalah kelemahan saya dikaitkan dengan kodrat saya sebagai manusia biasa. Beberapa pekerjaan yang belum tuntas dan saya menitipnya kepada pelanjut saya, diantaranya, pembuatan prodi/jurusan Hukum dan Hukum Pidana Islam, penerbitan jurnal yang terakreditasi. Tapi saya yakin dengan adanya dekan baru, cita-cita bersama itu inysa Allah akan terwujud dengan adanya kebersamaan dan kerjasama dari pihak civitas akademika.

Pada bagian lain Dr. H. Ikhwan, SH, M.Ag, dalam kesempatan tersebut menyebutkan bahwa dirinya tidak menyangka untuk menjadi dekan di Fakultas Syariah. Tapi itu semua adalah ketetapan dan kepercayaan dari Rektor Ibu Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd.

 “Amanah dan kepercayaan ini akan saya emban dan jalankan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Terhadap tugas yang akan dijalankan oleh tenaga pendidik yakni dosen, layanan dalam proses belajar mengajar sesuai dengan tuntutan tridharma perguruan tinggi, meliputi pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lebih dimaksimalkan. Hal ini sejalan dengan harapan para orang mahasiswa ketika memasukan anak-anaknya untuk kuliah di UIN Imam Bonjol Padang, khususnya Fakultas Syariah dengan empat prodi atau jurusan dengan disiplin ilmu hukum yang ada.

Pada bagian lain, saya juga berharap kita di lembaga yang kita cintai ini, untuk selalu mengabdi secara ikhlas dan dengan kebersamaan. Sikap ini saya nilai adalah kunci mewujudkan kesuksesan dari berbagai program kerja yang kita inginkan. Dibalik itu, fakultas Syariah mempunyai berbagai keunggulan dibidang Sumber Daya Manusia (SDM). Mari kita aplikasikan SDM tersebut dengan memperat silaturrahmi,’’tegasnya

Pada kesempatan tersebut, Warek Bidang Akademik & Kelembagaan Dr. Yasrul Huda, MA, menekankan kita sudah saatnya berbenah secara internal dan eksternal. Untuk mewujudkan proses akademik yang sehat dan kompetitif itu kata kuncinya adalah melalui kedisiplinan dalam berbagai hal.

“Saya mengajak kita semua di lingkungan Fakultas Syariah untuk selalu komit dengan tugas masing-masing, tanpa mengenal lelah. Mari kita singsinkan lengan baju kita untuk kembali bangkit dari ketertinggalan yang sering disebut orang, “ UIN IB Padang kok ndak maju-maju ya. Itu kritikan biasa. Dan kita harus segera keluar dari sebutan dan penilaian banyak orang itu. Fakultas Syariah harus menjadi pelopor untuk meraih kemajuan itu, setahap demi setahap dengan kebersamaan dan kerja keras,’’katanya. (nal)

Keterangan Foto

FOTO BERSAMA—Usai sertijab Dekan Fakultas Syariah, dekan yang lama dengan dekan baru Dr. Sobhan dan Dr. Ikhwan, menyempatkan foto bersama dengan jajaran dosen dan karyawan di aula lantai II Fakultas Syariah, Kamis, (16/9). Afrinal aliman

Tinggalkan komentar

Kontak Kami