BERITA

29 Sep
Awesome Image

Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang dan IAIN Kerinci, Jalin Kerjasama

Di awal tugasnya yang baru beberapa hari di Fakultas Syari’ah Dekan Dr. H. Ikhwan, SH, M.Ag dilirik oleh Dekan Fakultas Syari’ah IAIN Kerinci, Dr. Arzam, S.Ag, M.Ag,  untuk saling bekerjasama dibidang penyelenggara tridharma perguruan tinggi. Kesepakatan dua perguruan tinggi di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan (PTKI), menuangkan kerjasama dalam sebuah naskah Memorandum of Agreement (MoA).

Perjanjian kerja sama antara Fakultas syari’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dengan  Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Kerinci tentang penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dengan nomor registrasi : b.549/un.13/fs/kp.00.1/09/2021, terlaksana, Rabu, (29/9) bertempat di ruang kerja dekan,  dihadiri Wadek Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Ridha Mulyani, SH, MH, serta Wadek Bidang Akademik & Kelembagaan Dr. Abrar, M.Ag, Wadek Bidang AUPK Dr. Azhariah Khalida, M.Ag serta Kabag TU Salman Wajdi, M.Si.         

Para pihak yang  bersepakat adalah,

 

1.

 

Dr. Ikhwan, SH., M.Ag

:

Dekan Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Fakultas Syariah  Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang  selanjutnya dalam naskah ini disebut PIHAK PERTAMA.

II

 

Dr. Arzam, S.Ag., M.Ag

 

:

Dekan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, selanjutnya dalam naskah ini disebut PIHAK KEDUA.

 Secara yuridis maksud dan tujuan dilaksanakannya adalah untuk penguatan penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi secara bersama.Tujuan Perjanjian Kerja Sama adalah untuk mengatur wewenang dan tanggung jawab dua pihak. Sedangkan ruangn lingkup dari perjanjian ini adalah, pertama adalah sebagai penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat, melaksanakan program merdeka belajar – kampus merdeka, serta pembinaan dan kegiatan kemahasiswaan.

Pada bagian pendidikan dan pengajaran dua pihak bersepakat untuk melakukan proses kuliah umum, pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, pembimbingan bersama untuk penelitian tugas akhir mahasiswa, penguji mahasiswa saat munaqasyah skripsi, labor syariah dan hukum.Untuk penelitian dan publikasi beberapa hal juga disepakati meliputi, kegiatan penelitian dan publikasi bersama melibatkan dosen dan mahasiswa dan dapat melibatkan pihak lain  dengan persetujuan dua lembaga yakni Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang dengan IAIN Kerinci.

 Sebagai tindak lanjut, untuk pengelolaan jurnal antara UIN IB dengan IAIN Kerinci, lembaga akan melakukan pertukaran editor dan pertukaran reviewer serta ertukaran naskah ilmiah hasil riset,’’sebut Ikhwan.

Sedangkan untuk proses pelaksanaan program merdeka belajar dan kampus merdeka yang menjadi ikon perguruan tinggi saat ini, tambah Dekan Ikhwan dan Arzam, sistem ini dapat dilaksanakan melalui  pertukaran pelajar/mahasiswa, magang dan praktek kerja, asistensi mengajar di satuan Pendidikan, penelitian / riset, kegiatan kewirausahaan, serta membangun desa  dan kuliah kerja nyata tematik. “Selain itu pihak kita juga melakukan kerjasama di bidang kerangka acuan kerja (KAK). Kita pun yakin semua poin yang telah disepakati melalui MoA ini akan bisa memberikan peluang dan kontribusi untuk semua terutama kalangan mahasiswa dan dosen untuk mewujudkan tridharma perguruan tinggi yang hebat dan terpercaya oleh masyarakat,’’ulasnya. (nal)

Tek foto:

MoA—Dekan Fakultas Syari’ah UIN IB Padang Dr. H. Ikhwan, SH, M.Ag (kanan) dan Dekan Fakultas Syari’ah IAIN Kerinci Dr. Arzam, M.Ag (kiri), saling memperlihatkan naskah MoA usai penandatangan. (afrinal aliman)

Comments

Tinggalkan komentar

Kontak Kami