Sasaran

Guna mewujudkan laboratorium pengembangan ijtihad sosial, maka sasaran yang hendak dicapai adalah;

  1. Terwujudnya paradigma keilmuan syari’ah interaktif-dialogis;
  2. Terwujudnya reputasi akademis dalam bidang pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Terwujudnya suasana akademis yang sehat, dialogis, dan etis;
  4. Terumusnya sistem manajemen menuju tata kelola lembaga / fakultas yang baik / good governance;
  5. Terwujudnya jaringan kerjasama kelembagaan berbasis program.

Fakultas Syari'ah Lepas 348 Mahasiswa Praktik Peradilan Agama

Serah terima mahasiswa praktik peradilan agama

Padang 10/1 - Sebanyak 348 mahasiswa Fakultas Syari'ah akan melaksanakan Praktik Peradilan Agama Tahun Akademik 2017/2018. Praktik Peradilan Agama akan dilaksanakan mulai dari tanggal 11 Januari hingga 19 Februari 2018 mendatang. Sebanyak 348 orang mahasiswa tersebut terdistribusi dalam 20 kelompok akan melaksanakan Praktik Peradilan Agama pada 15 Pengadilan Agama di Sumatera Barat. Kegiatan Praktik Peradilan Agama merupakan salah satu mata kuliah pada Fakultas Syari'ah.
Pelaksanaan Praktik Peradilan Agama diakomodir oleh Klinik Peradilan dan Advokasi Fakultas Syari'ah UIN Imam Bonjol Padang. Penjaringan calon peserta sudah dilaksanakan sejak bulan September 2017. Calon peserta harus memenuhi dan lulus dalam seleksi administrasi yang terkait dengan jumlah mata kuliah yang sudah diambil, lulus beberapa mata kuliah prasyarat dan beberapa persyaratan lainnya yang tertuang dalam Sistem Pengelolaan Akademik di Fakultas Syari'ah. Calon peserta yang sudah lulus seleksi administrasi kemudian mengikuti pretest tentang kompetensi teoritis yang berkaitan dengan hukum materil dan hukum formil pada Pengadilan Agama. Setelah mengikuti pretest, calon peserta kemudian mengikuti pembekalan pada tanggal 11, 12, dan 18 Desember lalu. Pembekalan tersebut menghadirkan narasumber dari kalangan praktisi, seperti Hakim dan Advokat yang terlibat langsung dalam proses beracara di lingkungan Peradilan Agama.
Pelepasan Peserta Praktik Peradilan Agama dilaksanakan kemarin (9/1) bertempat di Gedung Serbaguna UIN Imam Bonjol Padang. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Syari'ah, Dosen Pembimbing Lapangan, serta mahasiswa peserta Praktik Peradilan Agama. Kegiatan pelepasan dimulai dengan penyampaian laporan dari Ketua Klinik Peradilan dan Advokasi yang kemudian diikuti dengan penyerahan peserta secara simbolik dari Tim Klinik Peradilan dan Advokasi kepada Dekan Fakultas Syari'ah yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kepada perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan yang pada kesempatan itu diwakili oleh Prof. Dr. H. Asasriwarni, M.H.
Aulia Rahmat, selaku Ketua Klinik Peradilan dan Advokasi menegaskan bahwa pelaksanaan Praktik Peradilan Agama ini merupakan bentuk realisasi amanat Peraturan Presiden Nomor 8 tahun 2012 tentang KKNI, bahwa kompetensi lulusan program studi sarjana berada pada level 6. Lebih lanjut, Dr. Efrinaldi, M.Ag., Dekan Fakultas Syari'ah menegaskan bahwa Praktik Peradilan Agama merupakan kompetensi yang tidak ditemukan di dalam ruang kelas perkuliahan. Diharapkan dengan adanya Praktik Peradilan Agama, alumni Fakultas Syari'ah UIN Imam Bonjol Padang mempunyai kompetensi di atas rata-rata dalam bersaing dengan lulusan Fakultas Syari'ah atau Hukum dari PTKIN atau PT lainnya.[]*ra